Minggu, 06 Maret 2016

Buku Atlas Anatomi Sobotta

Kali ini saya akan membahas tentang buku pegangan mahasiswa kedokteran. Kenapa buku ini yang dibahas? Karena buku ini buku super yang jadi kitab wajib buat anak kedokteran :D

Kalo saya punya sih versi elektroniknya, tapi lumayan membantu kok. Ini buku wajib mahasiswa kedokteran, kalau kedokteran umum sih pasti punya tapi kedokteran gigi pun make juga meski yang dipelajari fokus Cuma bagian kepala sampai leher tapi kita yang di FKG juga belajar menyeluruh karena tubuh manusia kan terkoneksi ga cuman kepala doang..

Buat belajar anatomi khususnya kalau lagi di lab mesti pake beginian sih biar paham meskipun ga harus Sobotta buku anatominya, tapi yang paling terkenal sih Sobotta. Di kampus saya sih standarnya Sobotta juga. Bahasa Inggris atau Indonesia sama aja, yang penting nama-nama bagian tubuhnya pakai bahasa Latin *ujian praktikum anatomi pakai bahasa Latin ya*

Ini buku memang mahal sih dari segi harga. Di Gram*dia, harganya 1,6 juta. Di toko buku deket kampus, itu hampir 1,5 juta. Pernah nanya juga ke anak FK Undip temen sekolah dulu dia beli 1,4 di deket stadion Diponegoro (oiya saya dulu anak Undip dan skrg pindah ke FKG UGM yeeyy :D)
Note: itu harga buku ori loh. Sobotta Inggris dan Indo harganya sih sebenernya gak beda jauh, di toko yang dekat kampus tuh Sobotta Inggris lebih mahal 100 ribu dari yang edisi Indo.

Mau beli bajakan biar lebih murah? Sama aja sih, kisaran harganya pasti di atas 1 jutaan, tapi mending kalau mau murah tapi bagus ya cari yang second. Biasanya yang punya udah ga butuh atau udah bukan anak kedokteran lagi. Sejauh ini yang saya tahu, edisi terbaru adalah edisi 23 buat versi fisik. Tapi sebetulnya isinya sama, cuma direvisi sedikit di tiap edisinya, toh karena isi tubuh kita kan sama saja (kecuali kalo suatu saat kita mutasi jadi zombie).


Kalo isinya ya dari ujung kepala sampai ujung kaki. Ada otot, kulit, tulang, dan macem-macem. Semua dijelaskan secara rinci dan detail sampai ke bagian terkecil tubuh manusia. Dan bukunya pake gambar manusia asli, ya karena lebih greget juga kan dan emang ciptaan Tuhan kan emang yang paling terbaik jadi mungkin ada beberapa yang kartun tapi overall ini buku membantu banget buat belajar anatomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen ya.....